Leaknya Emak-Emak

Kemarin aku baru aja pulang dari widyawisata ke Bali, ehee. Telat banget sih ya, padahal sekolah lain udah dari berbulan-bulan yang lalu. Harusnya libur buat UNBK malah diisi sama widyawisata, alhasil jatah liburku sebenernya kepotong, hiks.
Di sini aku gak akan bercerita tentang kegiatanku selama di Bali, alasannya karena aku lupa enggak nulis jurnal atau catatan kecil selama aku di sana. Nah karena ingatanku jangka pendek, takutnya di tengah nulis aku lupa dan nggak tau mau nulis apa.
Selama di Bali, rombongan busku ditemani sama seorang bli. Bli Nyoman namanya. Beliau ini banyak cerita tentang Bali, padahal nih ya jujur kalau bli-nya mulai cerita gak tau kenapa aku berasa didongengin dan ngantuk berat sampe akhirnya molor deh, hehe maaf ya Bli:(
Salah satu cerita yang bikin aku tertarik adalah ketika Bli Nyoman cerita tentang leak. Ilmu leak di Bali itu masih lumayan banyak. Tujuan dari ilmu ini sebenernya sama kayak santet-santet kebanyakan, buat mencelakakan orang lain. Cara dapetin ilmu ini ada 2 cara, yaitu langsung dateng ke perdukunan atau dapet ilmu dari turunan orang tua. Kebanyakan pemakai ilmu leak adalah kaum ibu-ibu. Kenapa? Bli Nyoman cerita kayak gini, karena ibu-ibu kan biasa kalau di perkampungan nongki-nongki di depan rumah atau waktu belanja sayur keliling. Nah biasanya saat kehabisan bahan omongan, akhirnya ngomongin tetangga lain, dari “anaknya bu A kemaren pulang malem sama cowok” “katanya pak B punya simpenan” “bu C sama suaminya kayaknya melihara tuyul deh” dll. Dari situlah muncul rasa benci satu sama lain.
Aku terkekeh dengar cerita itu. Benar sih, memang fenomenanya banyak emak-emak lambe turah yang menyebar gosip yang sebenernya gak tau bener atau enggak. Ah, gak cuma ibu-ibu, rasanya kebanyakan cewek emang gatel banget mulutnya kalau udah ngomongin orang lain. Jadi gak menutup kemungkinan 10 tahun lagi aku ada di lingkungan emak-emak yang lambe turahnya naidzubillah tambah parah. Jangan-jangan aku juga bakal nggak beda sama mereka? Yang gampang menyebarkan hoax dan gosip tentang hidup orang lain, padahal nih ya ngapain juga ngurusin hidup orang lain selagi hidup kita aja gak becus. Bayanginnya aja udah ngeri bung!
Jangan sampai deh per-leak-an semakin gencar karena gosip-gosip gak jelas. Dari pada ngeleak kan mending ngelawak~ (apasih).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s